Heboh!!, SMK Negeri 1 Bangil Mengadakan Kawin Massal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berharap lima tahun mendatang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) banyak diminati oleh masyarakat.

Beliau Menjabarkan ” Pernikahan Massal” antara SMK ,  industri dan Perguruan Tinggi,  bukan hanya sekedar kerja sama yang biasa – biasa saja ,   tetapi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) diwajibkan kerjsasama secara intens. Kerjasama tersebut meliputi (1) Penyusunan kurikulum,  (2) Pembelajaran, bahkan (3) Praktik Kerja Lapangan di Industri,  harus dirancang secara bersama-sama. Kurikulum SMK, bukan hanya disusun oleh pihak sekolah,   tetapi harus  bersama-sama dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).  Tenaga pengajar pun bukan hanya guru di sekolah itu, namun juga melibatkan  praktisi dari industri .

Ada beberapa paket dalam ‘pernikahan’ massal yang harus diterapkan oleh seluruh SMK.

Paket pertama, kurikulum disusun bersama industri, materi pelatihan dan sertifikasi dari industri masuk secara resmi ke dalam kurikulum di sekolah.
Kedua, guru tamu dari industri rutin mengajar di sekolah.

Ketiga, program magang yang terstruktur dan dikelola bersama dengan baik.

Keempat, komitmen kuat dan resmi pihak industri menyerap lulusan.

Kelima, program beasiswa dan ikatan dinas bagi siswa.

Keenam, jembatan program di mana pihak industri memperkenalkan teknologi dan proses kerja industri yang diperlukan kepada para guru, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh pihak industri.

Ketujuh, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh sekolah bersama industri.

Kedelapan, riset bersama yaitu  rset terapan dengan guru yang berasal dari kasus nyata di industri.

Kesembilan, berbagai kegiatan atau program ‘pernikahan’ lainnya.

Dengan beberapa Paket Pernikahan Masal Tersebut, Harapannya industri diuntungkan, karena dapat mengurangi beaya pelatihan, sedangkan  SMK juga diuntungkan,  karena lulusan akan lebih banyak diserap oleh industri. Industri harus dapat melihat SMK sebagai sarana untuk mencetak Sumber Daya yang memiliki Kompetensi dan harganya pun kompetitif.

Kali ini SMK Negeri 1 Bangil  segera Mewujudkan impian Mas Menteri dengan meyelenggarakan  PERNIKAHAN MASAL DENGAN IDUKA DAN PERGURUAN TINGGI,  yang insya allah akan dilaksanakan pada Hari Kamis, 01 April 2021 di Gedung COE SMK Negeri 1 Bangil, Adapun IDUKA dan Perguruan TInggi tersebut antara lain.

  1. PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA
  2. MIKROTIK ACADEMY
  3. GRIYA AMIRAH
  4. STMIK YADIKA BANGIL

SMK negeri 1 Bangil, akan terus berupaya keras dan mengembangkan bentuk PERNIKAHAN MASAL ini  Para Tim msanageman SMK Negeri 1 Bangil berkomitmen Program yang telah bergulir dan diluncuerkan oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Mari kita ikut berpartisipasi dengan memasang twibon ini di Status WA, InstaStory maupun sosmed lainnya hingga hari kamis nanti.
Silahkan buat twibon dengan klik link berikut ini https://twb.nz/kawinmasalsmkn1bangil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *