Rekayasa Perangkat Lunak
Semakin berkembangnya teknologi informasi, dibutuhkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Bangil membuka jurusan RPL sejak tahun ajaran 2014/2015 untuk memenuhi kebutuhan tenaga programmer muda di Indonesia. Program studi Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan. Para siswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis desktop, web dan mobile (perangkat bergerak).
Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru. Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif. Tingginya peranan Software dan Software Engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru and juga lapangan kerja sebagai Software Engineer yang terbuka lebar.
Tujuan Program Keahlian
Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
Secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar lebih kompeten dalam:
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
- Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
- Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni.
- Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
- Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dengan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang meliputi:
- Mata Pelajaran Pemrograman Dasar
- Pemodelan Perangkat Lunak
- Basis Data
- Pemrograman Berorientasi Objek
- Pemrograman Web
- Pemrograman Perangkat Bergerak
- Pemrograman Desktop
- Pemrograman Multimedia dan Game
- Produk Kreatif dan Kewirausahaan
- Project Pengembangan Perangkat Lunak
- Augmented Reality
KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :
- Pemrograman Web dengan PHP (Framework)
- Pemrograman C++ dan Visual Basic.Net
- Pemrograman Mobile Android
- Pemrograman JAVA
- Database MySQL dan SQL Server
VISI :
- Mencetak Software Enginering yang bertaqwa dan berkompetensi tinggi
MISI :
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, ketrampilan agar kompeten dan mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui pendidikan yang lebih tinggi.
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja maupun industri kreatif (DUDI) di bidang Teknologi Informatika kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
- Membekali siswa untuk mampu berprestasi di tingkat lokal, nasional maupun regional.
- Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran melalui pengembangan kewirausahaan.
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
PELUANG KERJA /PROFESI / BIDANG PEKERJAAN
- Menginstalasi Perangkat Komputer Personal dan Menginstal Sistem Operasi dan Aplikasi
- Mengerti tentang Konsep Algoritma Pemrograman dan Konsep Perangkat Lunak
- Merancang Sistem Informasi / Business Process untuk membangun suatu Software / Aplikasi
- Membangun Software Aplikasi Databases Berbasis Desktop, Web dan Mobile (Programmer)
- Front End Developer
- Back End Developer
- Full Stack Developer
- Game Developer
- Game Tester
- Programmer Junior
- Internet Marketer
- SEO Specialist
- Implementator
- Technical Support
- Documenter Application
- Staff IT
- Wirausaha dibidang Software Development / IT
KELAS INDUSTRI
- Oracle Academy
- Link.id
MITRA DUDI
- PT. Universal Big Data (Ubig) Malang
- Inagata Malang
- PT. Voralex Jaya Utama Malang
- Indonesia Online Malang
- ED Management
- Oracle Academy
- Beon Malang
- Edsoft Malang
- Ezy Industri
- BGroup Pasuruan
- Semarsoft Technology Indonesia
PRESTASI
- Juara 2 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2015 | Peserta : Dwi Subiantoro XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2016 | Peserta : Dwi Subiantoro XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 5 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Dwi Subiantoro XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2017 | Peserta : Nuril Fitria XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 10 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Nuril Fitria XII | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 2 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker-2 Provinsi Jawa Timur, Th. 2018 | Peserta : Ahmad Ilham Santosa XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 10 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Peserta : Ahmad Ilham Santosa XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara Harapan 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker-2 Provinsi Jawa Timur, Th. 2019 | Peserta : M. Aqshal Falasifa Z. XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara Harapan 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur, Th. 2020 | Peserta : M. Aqshal Falasifa Z. XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Web Design Tk. Provinsi Jawa Timur, Th. 2021 | Peserta : Safrizal Rahman. XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Desain Poster Tk. Nasional, Th. 2022 | Peserta : Titis Cahyati XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker 2 Provinsi Jawa Timur Th. 2022 | Peserta : M. Lury Choilul Rizky XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 3 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Web Technologies Tingkat Wilker 2 Provinsi Jawa Timur Th. 2022 | Peserta : Fajar Nur Muhammad XII-RPL | Pembimbing M. Wildam, S.Pd