Basket

Pengertian Bola Basket adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket adalah 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Tapi khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit).

Untuk mengembangkan minat dan bakat olahraga supaya berprestasi, sekolah-sekolah banyak memberikan kegiatan ekstrakurikuler, melalui kegiatan ekstrakurikuler inilah siswa dapat mengembangkan dan menyalurkan minat bakat dan keterampilannya agar dapat memiliki loyalitas terhadap sekolahnya dan bias dibanggakan di kemudian hari. Apabila anak/siswa itu berprestasi hendaknya dapat disalurkan di perkumpulan atau klub-klub olahraga sesuai dengan cabangnya masing-masing. Kegiatan ekstrakurikuler di bidang olahraga banyak ragam di dalamnya, diantaranya adalah olahraga bola basket. Olahraga permainan bola basket merupakan jenis olahraga modern yang begitu cepat perkembangannya dan banyak menarik perhatian dalam kehidupan manusia, Olahraga basket merupakan olahraga yang sangat menjamur saat ini, dan merupakan aktivitas yang cukup menarik perhatian banyak orang baik sebagai pengisi waktu luang maupun ajang kompetisi.

SMK Negeri 1 Bangil mewadahi bakat-bakat muda yang dimiliki siswa dalam bermain olahraga Basket. Di SMK Negeri 1 Bangil memiliki dua tim Olahraga Basket, yaitu Tim Basket Putra dan Tim Basket Putri.