Workshop Teknologi Multimedia Dengan Metode Flipped Classroom

Bangil (smkn1bangil.sch.id) – Workshop Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom oleh Dosen Jurusan Elektronika Sekolah Tinggi Teknik Surabaya di Ruang Pertemuan SMK Negeri 1 Bangil, Sabtu (23/08/2014).

Sebagai kegiatan kedua dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) berdasarkan MOU nomor : 32/BAK/STTS/IB/2013 pada tanggal 30 Juli 2013, pada hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2014 di runag pertemuan SMK Negeri 1 Bangil telah berlangsung Workshop Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom. Sebagai nara sumber dari STTS Surabaya adalah Dr. Ir. Francisca H. Chandra , MT, Dr. Ir. Hari Sutiksno, MT, Ir. Judi Prajetno, MM, Yulius Widi Nugroho, S.Sn., M.Si., dan Setya Ardhi, ST, MT.

Dr. Ir. Francisca H. Chandra membuka workshop dengan mengatakan “Menurut Graham Brent (2013) Flipped classroom merupakan strategi yang dapat diberikan oleh pendidik dengan cara meminimalkan jumlah instruksi langsung dalam praktek mengajar mereka sambil memaksimalkan interaksi satu sama lain. Strategi ini memanfaatkan teknologi yang menyediakan tambahan yang mendukung materi pembelajaran bagi siswa yang dapat diakses secara online. Hal ini membebaskan waktu kelas yang sebelumnya telah digunakan untuk pembelajaran.”

“Kelebihan flipped classroom, yaitu :

  1. Siswa dapat mengulang-ulang video tersebut hingga ia benar-benar paham materi, tidak seperti pada pembelajaran biasa, apabila murid kurang mengerti maka guru harus menjelaskan lagi hingga siswa dapat mengerti sehingga kurang efisien.
  2. Siswa dapat mengakses video tersebut dari manapun asalkan memiliki koneksi internet yang cukup, bahkan bisa didownload dan lebih puas untuk menontonnya berulang-ulang.
  3. Efisien, karena siswa diminta untuk mempelajari materi di rumah dan pada saat di kelas, siswa dapat lebih memfokuskan kepada kesulitannya dalam memahami materi ataupun kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal berhubungan dengan materi tersebut.” lanjut Francisca H. Chandra.

Narasumber berikutnya Yulius Widi Nugroho, S.Sn., M.Si. menyajikan Teknik Pengambilan Foto Untuk Branding. “Fotografi adalah seni mengambil gambar dengan menggunakan kamera.  Peran fotografi dalam dunia branding, sangat penting dalam memvisualisasikan sebuah produk dalam proses publikasi. Fotografi dalam branding juga bermanfaat untuk menciptakan pesan dari produk yang ditawarkan melalui sebuah foto.” Ujar Yulius Widi Nugroho.

“Berikut ini 5 tips yang dapat membantu kita dalam melakukan fotografi promotion.

  1. Gunakan Sumber Cahaya Yang Baik.
  2. Gunakan Skala Acuan Untuk Dimensi Produk Anda.
  3. Edit & Gunakan Efek.
  4. Foto Produk Anda Dari Berbagai Sudut.
  5. Jujurlah”

Kegiatan workshop dihadiri sebanyak 30 guru dan acara berakhir jam 12.10. Semoga kegiatan ini memberi manfaat untuk proses belajar mengajar di SMKN 1 Bangil. (Abd. Kholiq)

Jangan LUpa Silahkan Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.