Pelaksanaan Sertifikasi Internasional TOEIC 2021 di SMK Negeri 1 Bangil

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional

Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK Negeri 1 Bangil

Dukungan Direktorat SMK Guna Mendorong Mutu dan Daya Saing Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19

 

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.

SMK Negeri 1 Bangil telah mengikutsertakan sebanyak 225 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 46 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 28 Juli 2021, SMK Negeri 1 Bangil melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi.

Pengalaman kami selama persiapan sepertinya sama dengan tahun tahun sebelumnya, jadi tidak ada kendala yang berarti karena kita sudah setiap tahun melaksanakannya,  persiapan dimulai dengan koordinasi dulu dengan tim IT, karena di tempat kami untuk pengawas di ambil dari guru guru yang menguasai pengetahuan IT.

Jadi di bawah komando dan arahan dari koordinator tim IT , yaitu Bapak Moh. Sobirin, S.Kom para Pengawas mengistall PC dengan aplikasi untuk tes TOEIC nya. Termasuk juga  untuk pemasangan cctv yang di lakukan langsung oleh koordinator tim IT.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan juga sama, tidak kita temui kendala yang berarti, hanya mungkin kendala dari siswa yang tidak bisa mengikuti karena mereka sedang sakit.

Menurut kami pelaksanaan tes TOEIC yang di adakan di sekolah kami sudah cukup baik, Tes Supervisornya juga secara jelas memberikan informasi pada saat kita membutuhkan informasi. Jadi bisa di katakan bahwa pelaksanaan tes TOEIC yang di pantau dari pusat secara langsung berjalan sukses dan lancar.

Bantuan sertifikasi TOEIC ini sangat bermanfaat sekali bagi siswa  dan  juga bagi guru. Bagi siswa tes toeic merupakan ajang untuk bersaing dengan temannya untuk bisa menunjukkan pengetahuan dan ketrampilan bahasa Inggris yang di kuasainya dengan score yang didapat dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka,  selain itu  sertifikat toeic nya  bisa di gunakan data pendukung  qualifikasi diri pada saat masuk di dunia kerja. Sedangkan bagi guru, dengan tes Toeic bisa untuk mengukur kemampuan bahasa Inggisnya .

Harapan kami selaku koordinator / PIC tes Toeic di sekolah, adalah agar quota peserta tes TOEIC di tambah lagi

 

 

Cuci Tangan dan Jaga Jarak Sebelum Masuk Lab Ujian
Pelaksanaan Ujian Toeic di Lab dengan Prokes Ketat
Jangan LUpa Silahkan Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.