Gak Adiwiyata, Gak Keren!

Karya : Libra Excelia Ariska, X TEI 1

Adiwiyata, tentu sangat tidak asing ditelinga kita. Ya, adiwiyata sudah banyak  diterapkan di setiap daerah, maupun di sekolah-sekolah, namun perlu kita pahami kembali maksud dan tujuan dari adiwiyata itu sendiri, agar kita bisa mengerti betapa pentingnya menerapkan adiwiyata dilingkungan sekitar.

Adiwiyata merupakan program pemerintah  melalui Kementrian Lingkungan Hidup untuk menciptakan kesadaran masyarakat di ruang lingkup pendidikan

seperti sekolah akan pentingnya memelihara dan melestarikan lingkungan yang sehat bebas polusi. Adiwiyata tentunya merupakan program yang sangat baik. Semestinya, kita sebagai generasi masa depan harus senantiasa meningkatkan gaya hidup sehat dan  perilaku ramah lingkungan

Tidak hanya di sekolah, mari kita semua berkampanye agar semua komponen bangsa Indonesia menyadari pentingnya hidup sehat dan ramah lingkungan. Bumi ini milik bersama, yang tentunya akan kita wariskan pada generasi mendatang. Bagaimana mungkin kita akan meninggalkan bumi ini dalam keadaaan seperti tempat sampah dan sarang racun yang mematikan?

Tidak perlu muluk muluk, apapun bisa kita lakukan, mulai dari hal hal kecil saja seperti menggalakkan isu lingkungan go green melalaui selembar poster. Tentu ironi jika poster poster adiwiyata ini sendiri jika dibuat dengan system yang tidak ramah lingkungan. Gunakan kertas daur ulang dan semua media yang ramah lingkungan untuk menyebarkan poster poster tersebut.

Salah satu sekolah yang sudah menerapkan adiwiyata ini adalah SMK NEGERI 1 BANGIL. Ya, ketika masuk disekolah tersebut kalian akan disambut dengan banyak pohon pohon yang rindang, dengan suasana yang sejuk nan asri, selain itu banyak pula poster poster yang dipajang di taman-taman, seperti peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan, jaga lingkungan, dan sayangi tanaman. Sebagai siswa, seharusnya kita harus bisa berupaya untuk melestarikan lingkungan sekitar sekolah, karena itu juga mempengaruhi kenyamanan kita ketika kegiatan belajar mengajar. Kita harus memulai dari hal hal yang dianggap sepele, misalnya ketika kita membuang sampah, ataupun melihat sampah berserakan ketika berjalan, jika kita memiliki akal yang sehat, tentu kita akan membuang sampah tersebut kedalam tempatnya.

Dari hal hal kecil tersebut jika kita sudah terbiasa melakukannya, tentu hal hal besar lainnya juga akan mudah kita lakukan, seperti menanam pohon, merawat tanaman, dan hal hal lainnya. Jika tidak dimulai dari kita, lantas siapa lagi?

Mari renungkan sejenak, apa yang akan terjadi pada bumi kita pada masa mendatang, jika tidak ada seorangpun yang memiliki kesadaran tentang betapa pentingnya menjaga bumi kita ini, bagaimana mungkin generasi mendatang akan meninggali bumi yang penuh sampah, penuh polusi? Tentu hal ini sangat tidak kita inginkan. Lantas, apa yang seharusnya kita buat sekarang? tetap diam? Mari kita memiliki kesadaran, kita terapkan adiwiyata ini, baik dirumah, di sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Kita menanam  pohon disekitar kita untuk mengurangi polusi, dan mencegah penggundulan liar. Sudah banyak sekali disetiap sudut, pelosok yang mulai menerapkan adiwiyata ini, jika dilingkunganmu belum menerapkannya, mau sampai kapan? Tidak inginkah kalian merasakan lingkungan yang bersih dan sejuk? Mari kita ubah pola pikir kita yang awalnya tidak peduli dengan lingkungan menjadi sangat peduli akan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Karena adiwiyata itu penting, untuk masa depan bumi kita.

Ayo terapkan adiwiyata mulai sekarang

Save earth, Go Green

Siswa bijak, lingkungan bersih!!!

*) Pemenang 1 dalam Lomba Literasi Menulis Artikel di SMKN 1 Bangil tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *