Adiwiyata (Sekolah Peduli Berdayakan Lingkungan)

Taukah kita  yang dimaksud dengan Sekolah Adiwiyata? Yang kita ketahui saat ini, di dunia sedang terjadi pemanasan global yang berpengaruh pada lapisan ozon. Untuk mencegah terjadinya pemanasan global kita harus menjaga kelestarian lingkungan hidup termasuk di Indonesia. Upaya pelestarian lingkungan hidup di Indonesia diterapkan dengan penerapan Progam Adiwiyata. Jika kalian ingin mengetahui lebih jelas apa yang dimaksud dengan Adiwiyata dan Sekolah Adiwiyata bacalah artikel dibawah ini.

Progam Adiwiyata adalah progam untuk kegiatan  pelestarian dan pembudidayaan lingkungan hidup dimana dapat diperoleh ilmu pengetahuan dan etika untuk terciptanya lingkungan yang sehat dari kesadaran manusia untuk kesejahteraan menuju cita-cita pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Adiwiyata sangat berpengaruh untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita yang semakin rusak misalnya kurangnya resapan air, pemanansan global yang disebabkan maraknya polusi kendaraan bermotor , kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Maka dari itu mari kita dukung penerapan progam Adiwiyata dari awal di lingkungan sekolah. Usia sekolah akan mencerminkan masa depan. Untuk membangun kesadaran terhadap upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup akan lebih baik jika di mulai dari usia sekolah. Membangun kesadaran terhadap upaya pelestarian di sekolah sangat berpengaruh terhadap langkah awal melakukan progam Adiwiyata.

Saat ini di beberapa sekolah di Indonesia telah melaksanakan kegiatan Progam Adiwiyata untuk menuju gelar sebagai Sekolah Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata adalah tempat penerapan Progam Adiwiyata dalam lingkungan sekolah yang dilakukan oleh warga sekolah dengan bertanggung jawab dalam upaya Perlindungan dan Pengelolahan Lingkungan Hidup melalui tata kelola sekolah untuk menyiapkan kualitas manusia masa depan yang mampu menjaga kelestarian lingkungan. Dalam upaya menuju sekolah Adiwiyata seluruh warga sekolah wajib menjaga dan melestarikan lingkungan.

Sekolah Adiwiyata lebih cenderung pada kegiatan perawatan tanaman atau penghijauan,mendaur ulang dan mengurangi penggunaan sampah plastik, pengelolahan daun kering menjadi pupuk kompos, dan kebersihan lingkungan. Progam Adiwiyata yang diterapkan di sekolah juga dapat membantu agar siswa dapat mencintai lingkungan dan menjaga alam sekitar mereka.

Manfaat penerapan Progam Adiwiyata di sekolah:

  1. Mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata.
  2. Sebagai wadah pembelajaran bagi generasi muda tentang pelestarian dan pengelolahan lingkungan hidup.
  3. Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman bagi semua warga sekolah.
  4. Meningkatkan kecintaan warga sekolah terhadap lingkungan.
  5. Penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
  6. Menghindari resiko dampak lingkungan yang negatif di wilayah sekolah.
  7. Meningkatkan solidaritas warga sekolah untuk saling membantu dalam pelestarian lingkungan hidup yang lebih baik.

Penerapan Progam Adiwiyata disekolah sangat baik untuk meningkatkan kualitas sekolah yang bersih, nyaman dan sehat bagi seluruh warga sekolah.

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui bagaimana dampak yang di dapat dari penerapan Progam Adiwiyata di Indonesia terhadap lingkungan sekitar kita. Maka dari itu upaya pelaksanaan Progam Adiwiyata sangat baik untuk menjaga pelestarian lingkungan dan keseimbangan alam di dunia. Untuk melaksanakannya diperlukan kesadaran diri setiap orang dalam menjaga alam sekitar.

Nah,  teman-teman itulah yang saya ketahui tentang Progam Adiwiyata dan Sekolah Adiwiyata, oleh karena itu kita sebagai manusia harus sadar diri terhadap lingkungan yang kita miliki untuk melestarikan, membudidayakan, merawat,  dan menjaga lingkungan kita agar kita merasanya nyaman dan aman.

*) Pemenang 4 Lomba Literasi Menulis Artikel SMKN 1 Bangil Tahun 2019

* ) Oleh : Ukhtafia ( KELAS : XII TB 2 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *