Pandemi Corona, Siswa SMKN 1 Bangil Jalani Penilaian Akhir Semester Online

Bangil – SMK Negeri 1 Bangil akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester Genap secara online hari ini (03/6). Sebelumnya, Gladi Bersih sudah dilaksanakan yang diikuti kurang lebih 800 siswa secara bersamaan.

Ada beberapa SMK baik negeri maupun swasta di Kabupaten Pasuruan juga menggunakan aplikasi ujian yang dikembangkan oleh SMK Negeri 1 Bangil

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Bapak Hariyanto, S.Pd mengatakan, persiapan sudah mulai dilakukan dengan melakukan galdi sebelumnya . Hal tersebut untuk memastikan sarana dan prasarana (sarpras) sudah siap. Karena pelaksanaan dilakukan oleh pihak sekolah dan siswa, maka “Kesiapan sekolah lebih ditentukan oleh siswanya,” terangnya, Senin (03/6)

.

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap online ini berbasis Android. Sehingga peserta didik harus menyiapkan internet ataupun wifi bila menggunakan laptop. Hariyanto mengaku mayoritas siswanya telah memiliki ponsel Android dan Laptop. Dan ada pula yang memiliki ponsel Android hanya sebagian saja. Sehingga pihak sekolah harus benar-benar memastikan kesanggupan para peserta didik, jika peserta didik memang benar-benar tidak tersedia alat tersebut, pihak sekolah menyiapkan 2 lab yang disetting sesuai dengan Protocol Covid

Hariyanto mengatakan, secara teknis pelaksanaan PAS Genap online ini berbasis Online. Mulai dari Kartu hingga akses ke Sistem Ujian kesemuanya secara online, Sebelumnya Siswa diberi token oleh Wali Kelasnya masing-masing untuk cetak Kartu Online dengan cara Akses laman https://ujian.smkn1bangil.sch.id Kemudian siswa memasukkan NISN dan Token yang dibagikan untuk Cetak Kartu (catat username & password), setelah username dan password didapatkan, siswa mengakses laman https://belajar.smkn1bangil.sch.id untuk melangsungkan Ujian Secara Online sesuai jadwal yang ditentukan

Bahkan “tutur Hariyanto”, Kami juga menyiapkan Pengawas Online untuk memonitoring jalannya Ujian Online dan dan membantu peserta ujian jika terjadi kendala teknis yang dialami. Guru juga diberi akses untuk memantau pekerjaan siswanya dan mendownload nilai hasil ujian peserta didik pada mata pelajaran yang diampuhnya. Intinya semuanya serba Online dan Murni dikerjakan Oleh Tim IT kami.

Kepala SMKN 1 Bangil Ir. H. Indra Jaya, M.Pd mengatakan, Penilaian Akhir Semester Genap online mulai dilakukan hari ini. Setidaknya 1200 siswa kelas X-XI dan XII Mekatronika (4 Tahun) akan mengikuti PAS Genap online. Dan pihaknya sudah memastikan pada peserta. Dengan memberi informasi kepada orang tua terkait pelaksanaan PAS online melalui wali kelas. Serta pengawasan yang dilakukan oleh orang tua murid.

Kepala SMK Negeri 1 Bangil mengaku, soal PAS online sudah disiapkan pekan lalu oleh TIM IT. Dan begitu ada arahan untuk pelaksanaan, pihaknya sudah siap. Termasuk sarpras dan koordinasi terkait teknik pelaksanaan PAS online. Selain itu pihaknya telah menginfokan ke peserta ujian. Dan pelaksanaan PAS online di SMKN 1 Bangil dilakukan pada 03 Juni sampai 12 Juni Mulai Pukul 07.00 s/d 10.30 WIB.

Jangan LUpa Silahkan Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.