Laporan pada Closing Meeting Intern Audit ISO #1 2015

Penyampaian Laporan pada Closing Meeting Intern Audit ISO 9001:2008 #1 Tahun 2015 di SMK Negeri 1 Bangil, Jumat(22/11/2015).

Closing meeting dilaksanakan untuk mempresentasikan temuan audit dan kesimpulan. Peserta di dalam closing meeting hendaknya mencakup manajemen auditee, dan jika perlu, orang-orang yang bertanggung jawab secara fungsi atau proses yang diaudit atau pihak lainnya. Auditee hendaknya setuju pada rentang waktu yang ditetapkan untuk tindak lanjut temuan audit.

Pada Closing Meeting 1st Intern Audit tahun 2015 di SMK Negeri 1 Bangil ini bertempat di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Bangil dihadiri peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Kepala Kompetensi Keahlian dan WMM. Dimana semua peserta merupakan pihak yang diaudit (Auditee).

Setelah acara dibuka, dilanjutkan ketua WMM SMK Negeri 1 Bangil memimpin pemberian yel-yel SMK Negeri 1 Bangil “SMK NESABA – BE WIN,  SMK NESABA – BISA, SMK NESABA – MEMPESONA”.

Abd. Kholiq, S.Kom selaku Wakil Manajemen Mutu SMK Negeri 1 Bangil mengatakan bahwa audit Mutu didasarkan pada 3 tingkatan.

Pertama Audit Mutu Produk/Layanan, yakni audit berdasar atas karakteristik produk/Layanan untuk mengevaluasi kesesuaian terhadap standar atau spesifikasi produk

Kedua Audit Mutu Proses yaitu pemeriksaan terhadap proses berdasar atas indikator kinerja kunci untuk menentukan apakah proses sesuai dengan persyaratan.

Ketiga Audit Mutu Sistem, adalah audit yang berdasar pada elemen-elemen dari sistem untuk menentukan efektivitas dan kesesuaian terhadap standard.

“Untuk itu pelaksanaan audit hendaknya dapat menentukan derajat tingkat yang akan dilakukan audit, apa termasuk di Produk/Layanan, Proses atau pada Sistem.” lanjutnya

Abd. Kholiq, S.Kom kemudian memberikan kesempatan kepada para auditor untuk menyampaikan hasil temuan masing-masing. Pada kesempatan pertama disampaikan oleh Lead Auditor Mr. Mudzakir, S.Pd

Mr. Mudzakir, S.Pd menyampaikan “ Selama 5 hari ini saya telah melakukan audit di unit WMM, WK2, TIPTL, MM dan TB. Pada dasarnya semua telah melaksanakan tugas manajemen dengan cukup baik, tetapi ada beberapa hal yang menjadi temuan saya”. ”Saya ingatkan kembali bahwa temuan adalah pernyataan yang berisi fakta yang dicatat selama proses audit dan didukung dengan bukti-bukti obyektif. Bukti obyektif dapat berupa Rekaman kegiatan dan Bukti obyektif dapat bersifat kualitatif ataupun kuantitatif.” lanjutnya.

“Untuk itu perlu dilakukan perbaikan baik yang sifatnya observasi maupun berupa NCR pada beberapa unit yang telah saya sebutkan diatas”.

Terdapat beberapa Positive Observation pada audit internal ke-1 tahun 2015 ini antara lain:

• Diraihnya sertifikat Kantin Higienis dengan predikat BAIK (B) (WK3).

• Di buatnya aplikasi berbasis website untuk proses pemilihan du/di tempat prakerin (WK3).

• Diraihnya sasaran mutu pengunjung web sekolah mencapai 10.000 orang (WK3).

• Juara II Lomba Web Desain LKS Jawa Timur 2015 (MM).

• Juara III Electrical Instalation di LKS Jawa Timur (TIPTL).

• Juara III Futsal di LKS Jawa Timur (WK2).

• Juara I Lomba Desain Baju Kembaran tingkat Kabupaten Pasuruan, 2015 (WK2).

• Peringkat I Jumbara PMR XIII tingkat Kabupaten Pasuruan, 2015 (WK2).

• Memperoleh predIkat “The best perspektive” bagi siswa dalam kegiatan pameran Kewirausahaan di di Jatim Expo September 2015;

• Sebagiain siswa mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga LPPPK Jawa timur dan menunjukkan hasil yang baik beberapa karya siswa dalam uji kompetensi itu menjadi siswa terbaik. (BB).

 

Setelah Arief Wahyu Purwito dan Abd. Kholiq, S.Kom menyampaikan hasil  auditnya, Abd. Kholiq, S.Kom meminta para auditee untuk menyampaikan keberatan-keberatan jika hasil audit internal tersebut terdapat hasil yang tidak sesuai. (Abd. Kholiq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *