Rekayasa Perangkat Lunak
Pegantar
Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM dengan Konsentrasi Kehalian Rekayasa Perangkat Lunak
Semakin berkembangnya teknologi informasi, dibutuhkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Bangil membuka jurusan RPL sejak tahun ajaran 2014/2015 untuk memenuhi kebutuhan tenaga programmer muda di Indonesia. Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dengan Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan. Para siswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis desktop, web dan mobile (perangkat bergerak).
Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru. Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif. Tingginya peranan Software dan Software Engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru and juga lapangan kerja sebagai Software Engineer yang terbuka lebar.
Konsentrasi Keahlian RPL ini membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam berprofesi dan bekerja pada bidang pengembangan perangkat lunak dan gim. Profesi dan area pekerjaan yang dimaksud adalah yang mengacu peta okupasi dalam kerangka Kualifikasi nasional Indonesia Bidang teknologi Informasi dan komunikasi th 2018 serta Keputusan direktur jenderal pendidikan vokasi kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 5/d/m/2023 Tentang pengemasan skema okupasi pada sekolah menengah kejuruan direktur jenderal pendidikan vokasi, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi
Jataban Kerja pada Konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
- Pemrogram Pemula (Novice Programmer)
- Asisten Pemrogram Junior (Junior Assistant Programmer)
- Pemrogram Junior (Junior Coder)
Secara khusus tujuan Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar lebih kompeten dalam:
- Memahami struktur, hierarki, aturan, komponen, instalasi, dan administrasi basis data;
- Memahami lebih lanjut mengenai pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek, dasar pemodelan perangkat lunak, dan pemrograman antar muka grafis;
- Memahami pemrograman web statis dan dinamis; dan
- Memahami Integrated Development Environment, framework, pemrograman perangkat bergerak serta antarmuka aplikasi yang saling berhubungan dengan aplikasi lainnya (Application Programming Interface).
KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :
- Pemrograman Web dengan PHP (Framework)
- Pemrograman C++ dan Visual Basic.Net
- Pemrograman Mobile Android
- Pemrograman JAVA
- Database MySQL dan SQL Server
VISI :
- Mencetak Software Enginering yang bertaqwa dan berkompetensi tinggi
MISI :
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, ketrampilan agar kompeten dan mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui pendidikan yang lebih tinggi.
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja maupun industri kreatif (DUDI) di bidang Teknologi Informatika kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).
- Membekali siswa untuk mampu berprestasi di tingkat lokal, nasional maupun regional.
- Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran melalui pengembangan kewirausahaan.
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
PELUANG KERJA /PROFESI / BIDANG PEKERJAAN
- Menginstalasi Perangkat Komputer Personal dan Menginstal Sistem Operasi dan Aplikasi
- Mengerti tentang Konsep Algoritma Pemrograman dan Konsep Perangkat Lunak
- Merancang Sistem Informasi / Business Process untuk membangun suatu Software / Aplikasi
- Membangun Software Aplikasi Databases Berbasis Desktop, Web dan Mobile (Programmer)
- Front End Developer
- Back End Developer
- Full Stack Developer
- Game Developer
- Game Tester
- Programmer Junior
- Internet Marketer
- SEO Specialist
- Implementator
- Technical Support
- Documenter Application
- Staff IT
- Wirausaha dibidang Software Development / IT
KELAS INDUSTRI
- Oracle Academy
- Link.id
MITRA DUDI
- PT. Universal Big Data (Ubig) Malang
- Inagata Malang
- PT. Voralex Jaya Utama Malang
- Indonesia Online Malang
- ED Management
- Oracle Academy
- Beon Malang
- Edsoft Malang
- Ezy Industri
- BGroup Pasuruan
- PT. Semarsoft Technology Indonesia
PRESTASI
- Juara 2 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2015 | Peserta : Dwi Subiantoro XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2016 | Peserta : Dwi Subiantoro XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 5 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Application Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Dwi Subiantoro XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Kabupaten Pasuruan Th. 2017 | Peserta : Nuril Fitria XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 10 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Nuril Fitria XII | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 2 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker-2 Provinsi Jawa Timur, Th. 2018 | Peserta : Ahmad Ilham Santosa XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- 10 Besar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur Th. 2016 | Peserta : Peserta : Ahmad Ilham Santosa XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara Harapan 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker-2 Provinsi Jawa Timur, Th. 2019 | Peserta : M. Aqshal Falasifa Z. XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara Harapan 1 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Provinsi Jawa Timur, Th. 2020 | Peserta : M. Aqshal Falasifa Z. XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Web Design Tk. Provinsi Jawa Timur, Th. 2021 | Peserta : Safrizal Rahman. XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Desain Poster Tk. Nasional, Th. 2022 | Peserta : Titis Cahyati XI-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Lomba IT Software Solution for Business Tingkat Wilker 2 Provinsi Jawa Timur Th. 2022 | Peserta : M. Lury Choilul Rizky XII-RPL | Pembimbing Moh. Shobirin, S.Kom
- Juara 3 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Web Technologies Tingkat Wilker 2 Provinsi Jawa Timur Th. 2022 | Peserta : Fajar Nur Muhammad XII-RPL | Pembimbing M. Wildam, S.Pd
Program Kerja Ungulan 2024/2025
-
Tercapainya 1 Siswa 1 Produk dalam Pembelajaran Project Based Learning
-
Meningkatkan Prestasi dengan Menjuarai Perlombaan Tingkat Provinsi Minimal 5 Besar dalam 1 Tahun
-
Meningkatkan Persentase Siswa Diterima di PTN sebesar 10%
-
Kesesuaian Tempat PKL dengan Jurusan RPL mencapai 80%
-
Digitalisasi Administrasi Penggunaan Alat dan Bahan
-
Meningkatkan Sopan Santun Siswa RPL Sebanyak 75%
Public Relation
KPK Unit RPL : MOH. SHOBIRIN, S.Kom