Pentingnya Pendidikan Karakter*) Oleh : Nurlaili Wahyuni ( XII MM3)

 

Sebenarnya apakah pendidikan karakter itu perlu? Karakter berpicu pada sifat , perilaku, dan kepribadian dari seseorang.  Bila semua orang memiliki pribadi yang baik maka tentu saja kehidupan akan berjalan dengan  damai. Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki  pribadi yang baik . Jadi dengan adanya hal tersebut pastilah akan ada simpang siur dalam kehidupan kita. Maka dari itu pendidikan karakter sangatlah penting untuk kehidupan diri sendiri maupun orang lain.

Pendidikan karakter bisa kita dapatkan di sekolah, rumah, TPQ, tempat kursus, dan banyak lagi. Nah,  di antara tempat tersebut Pendidikan karakter sangat ditekankan di sekolah. Dalam  dunia pendidikan tentu saja pasti akan ada kesulitan untuk mendidik para siswa siswi dengan kepribadian mereka yang kurang baik, tapi tentu saja bukan berarti Sikap mereka yang kurang baik tidak bisa diubah menjadi lebih baik. Sedikit demi sedikit karakter yang kurang baik pada diri mereka dapat diubah dari lingkungan tempat dia banyak berinteraksi. seperti contoh bila saat istirahat ada seorang anak yang tak ingin menunaikan salat, tapi semua teman dekatnya menunaikan salat, secara otomatis dia akan ikut melaksanakan salat bersama temannya karena adanya rasa tidak enak atau sungkan bila tak ikut melaksanakan hal tersebut, Dengan  begitu pun anak tersebut akan terbiasa dengan perilaku positif temannya. Jadi, sebaiknya bila kita hendak melakukan hal yang positif alangkah baiknya jika kita ajak teman-teman kita juga untuk melakukannya bersama-sama, dengan begitu kita juga bisa meningkatkan  ikatan persaudaraan dan interaksi sosial pada diri kita. Ditambah dengan nasihat-nasihat dari Bapak/ Ibu guru yang memberikan penjelasan dan dorongan untuk kita selalu melakukan kegiatan positif, dan dari hal-hal tersebut kita bisa menambah nilai religius pada diri kita.

Pada sekolah-sekolah tertentu terdapat peraturan-peraturan yang sangat ketat untuk para siswa-siswinya, tapi sebenarnya peraturan tersebut bukan untuk mengekang para siswa  melainkan untuk membentuk sikap disiplin dan kemandirian pada para siswa. Seperti pada sekolah yang menerapkan peraturan tidak boleh membawa HP ke sekolah, peraturan tersebut diberlakukan untuk mendorong para siswa  berpikir kritis dan kreatif, serta mencegah kita untuk bergantung terus pada gadget. Jadi,  sekolah yang mempunyai peraturan peraturan yang ketat akan mencetak lulusan yang siap untuk meneliti kehidupan masa depannya dengan baik. Jadi sebagai siswapun kita harus menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang ada.

saat di sekolah kita juga dapat melatih kekompakan, sikap gotong royong, dan saling membantu dari tugas tugas kelompok guru, piket kelas dan lomba-lomba yang diadakan antar jurusan atau kelas. Pada pendidikan karakter sikap nasionalisme juga sangat penting untuk jiwa para anak muda agar perasaan cintanya pada negara terus membara untuk dapat melindungi,  merawat, dan menjaga bangsa tetap utuh. Sikap nasionalisme juga bisa kita dapatkan dari sekolah melalui upacara bendera setiap hari Senin dan sekolah juga  selalu memperingati hari-hari penting seperti Hari Kartini, hari kemerdekaan, hari pendidikan, dan banyak lagi. Di sekolah kita memperingati hari penting tersebut dengan diadakannya upacara, memakai baju adat, lomba-lomba, dan lain-lain.

Sikap jujur pun harus tertanam juga pada diri, dengan cara membiasakan diri untuk untuk tidak menyontek dan berprilaku jujur saat di kantin serta mengembalikan barang atau uang yang jatuh pada pemiliknya atau diumumkan pada ruang informasi sekolah. Dan sebagai siswa pun kita harus bisa menjaga sikap dan tindakan kita, serta tau akan etika dan sopan santun pada guru dan semua warga sekolah. Dengan perubahan perubahan kecil maka akan terbentuklah sifat dan kebiasaan, dan kebiasaan itu akan menjadi karakter yang baik untuk kita.

Jadi sangat banyak sekali ilmu dan manfaat yang akan kita dapatkan di sekolah untuk bekal kehidupan masa depan kita nanti maka dari itu ayo kita bersungguh-sungguh belajar dan meningkatkan kualitas diri dan memperbaiki segala kekurangan pada diri kita agar kita benar-benar bisa merasakan manis pada buah dari perilaku dan kerja keras kita. Dengan karakter kita yang baik bukan hanya kita  merasa senang , orang orang disekitar kita pun juga akan nyaman dengan kita.

Pendidikan karakter  juga harus dilakukan bersama-sama oleh orang tua dan anggota masyarakat, untuk membantu seseorang anak agar memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab. Salah satu faktor yang memengaruhi karakter seorang anak adalah dari sikap orang tua mereka, maka dari itu orang tua harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak nya, seperti seorang ibu yang penuh empati, serta ayah yang bertanggung jawab dan cepat dalam menyelesaikan masalah secara efektif. Dan cara untuk membuat sifat anak menjadi lebih baik yaitu dengan selalu menasehati dan memotivasi anak untuk terus meningkatkan kualitas diri dari nilai akademis maupun moral dan kepribadian nya, orang tua juga harus mendidik sang anak untuk selalu menghormati orang lain dan memelihara sopan santun pada orang yang lebih tua, serta peduli pada sesama manusia, hewan dan alam sekitar. Orang tua pun harus selalu berkomunikasi dengan anak agar sang anak dapat jujur terbuka pada orang tua. Sangat penting juga bagi orang tua untuk menjelaskan tentang pentingnya berpola hidup sehat ,dengan  memberikan informasi dan contoh yang baik tentang makan sehat dengan gizi seimbang, pikiran sehat, pengelolaan emosi secara sehat, mengelola waktu dengan aktivitas produktif yang bermanfaat.

Pendidikan karakterpun harus ditegakkan  dalam lingkungan masyarakat. Dengan membentuk kegiatan kegiatan positif seperti memberikan pelayanan dan bantuan terhadap anak kebutuhan khusus, orang miskin, dan daerah yang terkena bencana alam, semua warga pun harus ikut aktif berpartisipasi. Dengan berkumpulnya semua warga desa kita dapat berbaur dan tahu akan perbedaan yang dapat melatih sikap toleransi, peduli sesama, dan hidup rukun. Dalam kehidupan masyarakat pun kita harus peka terhadap lingkungan dan mampu beradaptasi diri dengan baik, serta bisa menciptakan suasana antar teman yang harmonis, penuh rasa aman dan nyaman.

Pendidikan karakter sesungguhnya merupakan amanah bagi kita semua. Dan semata mata untuk kehidupan kita yang lebih baik. Dengan baik nya perkataan, sikap,dan perilaku yang ada pada diri kita, orang lain pun dapat segan dan kita pun bisa lebih dihargai oleh orang lain. Jadi alangkah baik nya kita bisa mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari. Salam sukses untuk kita semua! Terima Kasih

*) Pemenang ke-3 Lomba Literasi Menulis Artikel SMKN1 Bangil Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *