Pelaksanaan UN CBT SMK Negeri 1 Bangil 2015 Berlangsung Dengan Baik

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Computer Base Test (CBT) di SMK Negeri 1 Bangil 2015 Berlangsung Dengan Baik, Rabu (15/04/2015).

Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini berlangsung dengan dua pilihan, pilihan pertama adalah Paper Base Test (PBT) dan pilihan kedua adalah Computer Base Test (CBT). SMK Negeri 1 Bangil pada Ujian Nasional (UN) 2015 memilih pilihan yang kedua yakni Computer Base Test (CBT).

Dalam penerapan Computer Base Test (CBT), Kementerian Pendidikan Nasional menentukan sekolah di daerah mana saja yang menjadi pilot project pelaksanaan Computer Base Test (CBT) ini. SMK Negeri 1 Bangil dan beberapa sekolah lain di kabupaten Pasuruan bukan menjadi pilot project dari program Kementerian Pendidikan Nasional tersebut, tetapi memilih mengajukan sekolah mengikuti ujian dengan Computer Base Test (CBT).

Pelaksanaan Computer Base Test (CBT) di SMK Negeri 1 Bangil dimulai hari Senin (13/04/2015) sampai dengan Kamis (16/04/2015). Mata pelajaran yang ujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan diakhiri dengan Pelajaran Produktif.

Dalam setiap hari pelaksanaan Computer Base Test (CBT) dilaksanakan menjadi tiga sesi ujian. Sesi 1 dimulai jam 07.30 dan berakhir 09.30, sesi 2 dimulai jam 10.30 dan berakhir 12.30, dan sesi 3 dimulai jam 14.00 dan berakhir 16.00.

Pada setiap sesi setiap peserta ujian masuk ruangan 15 menit sebelum pelaksanaan. Untuk sesi 1 peserta ujian masuk jam 07.15 dan memasukkan username dan password masing-masing. Setelah login dengan username dan password, maka akan ditampilkan data peserta antara lain Nama Peserta, Nomor Peserta, Jenis Kelamin dan Soal yang akan di kerjakan. Tepat jam 07.30 seluruh peserta ujian memasukkan Token sebagai kode identifikasi lain peserta dalam mengerjakan soal yang diberikan. Pelaksanaan seperti ini juga dilakukan pada sesi ke 2 dan sesi ke 3.

Berbeda dengan pelaksanaan UN sistem Paper Base Test (PBT) yang jaga oleh 2 pengawas ujian, pada Computer Base Test (CBT) dalam satu ruang ujian terdiri dari seorang Pengawas, Proktor dan Teknisi.

Pelaksanaan Ujian Nasional CBT di SMK Negeri 1 Bangil 2015 ini menyediakan 9 ruang ujian. Dalam setiap ruang ujian diisi dengan 20 Komputer peserta ujian dan 2 komputer cadangan. Untuk setiap maksimal 2 ruang ujian dilengkapi dengan sebuah server. Tugas Proktor adalah bertanggung jawab terhadap keberlangsungan pelaksanaan ujian di satu server, sedang untuk tugas monitoring di tiap ruang ujian di laksanakan oleh Teknisi.

Jangan LUpa Silahkan Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.