Kunjungan Industri Tata Busana SMK Negeri 1 Bangil ke Emba Jeans Malang

4 kelas paket keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 bangil melakukan kunjungan industri ke PT. KASIH KARUNIA SEJATI produsen jean merk EMBA di Malang, Rabu (21/09/2016)

Dengan menggunakan transportasi 3 bis keluarga besar paket keahlian Tata Busana melaksanakan kunjungan industri ke PT. KASIH KARUNIA SEJATI Malang. Peserta yang ikut adalah 2 rombel kelas 10 dan 2 rombel kelas 11 Tata Busana. Didampingi oleh guru pengajar produktif Tata Busana ditambah dengan wali kelas dan unsur dari waka Humas.Kunjungan Industri Tata Busana

Pukul 08.00 pagi setelah semua persiapkan dilakukan, bis berangkat menuju ke Malang . PT. KASIH KARUNIA SEJATI sebagai produsen EMBA jean, mempunyai perusahaan dengan 4 tempat berbeda. Keluarga besar Tata Busana SMK Negeri 1 Bangil melakukan kunjungan industri ke tiga dari epat tempat tersebut yakni di jalan Bandulan Barat Malang no 17, 36 dan 54.

Kunjungan pertama diarahkan ke jalan Bandulan Barat nomor 17. Proses produksi dilaksanakan di sini. Terdapat dua hall besar untuk pembagian produksina. Hall pertama digunakan untuk proses marking, cutting dan sablon penandaan untuk proses sewing atau jahit.

Proses marking atau penanda adalah proses untuk membuat pola di bentangan kertas pola selebar 10 x 2 meter. Pola tersebut dilakukan secara manual dan menggunakan proses komputer. Marking menggunakan komputer mempunyai tingkat optimasi yang tinggi sehingga sisa limbah yang di buang lebih sedikit jika dibanding dengan proses marking manual.

Proses kedua adalah pemotongan. Kain digelar dan ditumpuk hingga ketebalan 10 lapis sekaligus diatas meja ukuran 20 meter. Setiap satu proses cutting dihasilkan bahan jean sebanyak 600 potong.

Proses pemotongan kain menggunakan pemotong mesin.

Tahap ketiga adalah sablon untuk marking proses jahit menggunakan kapur cair.

Setelah proses ini selesai maka dipindahkan ke Hall 2, mulai dari proses jahit di tiap bagian hingga menghasilkan produk jadi. Di hall produksi ini selain Jean juga diproduksi kemeja.

Jam 13.00 bus bergeser ke jalan Bandulan Barat nomor 54. Disini dilakukan proses coloring atau wentering, pencucian, pengeringan dan packaging.

Proses terakhir dilakukan di jalan Bandulan Barat 36 yang merupakan gudang dari PT. KASIH KARUNIA SEJATI. Di tempat ini jean ataupun kemeja yang jadi didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia.

Di jalan Bandulan Barat 36 juga sebagai kantor marketing dan kantor kreatifnya. Proses desain model pemecahan pola dan proses komputer untuk marking dilakukan di kantor ini.

Tepat pukul 15.00 dengan menyerahkan cinderamata ke pihak perusahaan Abd. Kholiq, S.Kom selaku perwakilan SMKN 1  Bangil mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan dan sekaligus pamit kembali ke SMKN 1  Bangil.

Menurut Miftahul Jannah, S.Pd selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan semacam ini diperlukan juga oleh jurusan tata busana dan jurusan lain. Karena mempunyai dampak yang bagus untuk siswa. Dampak yang dimaksud adalah siswa dapat mengetahui langsung proses produksi yang ada di perusahaan sehingga pada sepulang dari kunjungan industri ini siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana proses kerja di Industri berlangsung.

Menurut Abd. Kholiq, S.Kom  selaku Waka Humas bahwa praktek kunjungan industri seperti ini hasil terpenting yang diharapkan adalah pembentukan sikap disiplin. Dimana siswa diajak melihat langsung proses yang berlangsung. Karyawan tidak bisa bekerja dengan seenaknya sendiri, semua berlangsung dengan pengawasan ketat dan berbasis target. Ini tentu saja yang membutuhkan fisik yang kuat dan disiplin yang tinggi. Hal ini perlu disiapkan dan diprogramkan dalam program sekolah.

Semoga kunjungan industri tersebut bisa mendapatkan manfaat, baik oleh paket keahlian Tata Busana maupun paket keahlian lain di SMK Negeri 1 Bangil yang akan melaksanakan kunjungan industri

Jangan LUpa Silahkan Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.