Cara Memilih Jurusan di SMK

Cara Memilih Jurusan SMK – Ketika kamu sudah masuk di SMK kamu bakal dituntut untuk mengambil atau memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Tapi ada juga beberapa SMK yang melakukan tes psikologi khusus untuk mengetahui bakat dan minat kamu.

Kamu bakal dimasukkan sesuai karakteristik yang kamu miliki. Tapi ada juga sekolah yang memberikan kebebasan untuk siswanya memilih sesuai dengan hati nurani mereka.

Memilih jurusan merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Banyak anak SMK yang memilih jurusan asal-asalan, sehingga mengakibatkan potensi yang dimilikinya tidak bisa maksimal, ujung-ujungnya bilang “wah saya salah jurusan ternyata” benar bukan? heheheh

Jadi memilih jurusan yang tepat adalah hal yang sangat penting banget agar potensi yang ada pada diri kalian bisa optimal dan kalian bisa lebih terarah dalam menentukan jurusan saat kuliah / kerja nanti.

 

Jika kamu bingung dalam menentukan jurusan di SMK, berikut ini kami bagikan tips cara memilih jurusan saat di SMK agar sesuai dengan bakat kalian.

Kenali Minat dan Bakat kamu!

Minat merupakan suatu hal yang dikerjakan akan terasa menyenangkan. Misalnya, kamu punya minat menggambar dan terobsesi untuk menjadi pelukis yang hebat. Jadi cari tahu apa yang menjadi minat kamu dan lihat di jurusan mana yang cocok buat mengembangkan minat kamu tersebut.

Begitu juga dengan bakat, kamu bisa jadikan bakat kamu sebagai perhitungan dalam memilih jurusan tertentu. Pada intinya bakat adalah sesuatu yang menjadi keahlian kamu atau sesuatu yang menonjol dari diri kamu.

Misalnya, kalau kamu punya minat di eksak dan jago di hitungan, maka pilihlah IPA. Tapi, kalau kamu punya minat di hal-hal yang berbau sosial, seperti ekonomi dan politik, dan kamu juga hebat dalam berdebat, berorasi atau berbahasa, atau kamu kurang minat dalam menghitung dan menghapal rumus-rumus  maka jurusan IPS adalah jurusan yang lebih tepat sesuai minat kamu.

Ketahui Rencana Kuliah dan Karir di Masa Depan

Setelah SMK tentu selanjutnya kamu akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke Perguruan Tinggi. Jika ingin sukses di bangku kuliah, maka kamu perlu mempersiapkannya sejak di dini saat duduk di bangku SMK. Jangan sampai pada saat kamu akan memilih jurusan di seleksi masuk Perguruan Tinggi, kamu baru sadar kalau kamu salah jurusan di SMK.

Rencana Kuliah akan sangat berhubungan dengan pilihan karir kamu di masa depan, sebelum membuat rencana kuliah, kamu harus punya cita-cita tentang karir impian kamu. Misalnya, kamu bercita-cita untuk menjadi seorang programmer, maka untuk mewujudkan itu kamu harus masuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, dan pada saat SMK kamu harus masuk jurusan Rejayasa Perangkat Lunak

Diskusikan dengan Orang Tua

Sangat penting bagi kamu untuk mendiskusikannya dengan orang tua atau keluarga, karena mereka juga punya pendapat tentang apa yang terbaik untuk anaknya. Diskusikan dengan orang tua kamu dengan baik-baik tentang pemilihan jurusan dan minta pendapatnya.

Jika ia tidak setuju dengan jurusan tertentu yang kamu sukai karena alasan ada jurusan lain yang lebih baik atau orang tua kamu ingin kamu masuk jurusan yang menjadi pilihannya, maka kamu harus pertimbangkan pendapatnya. Tapi, kalau kamu sama sekali gak berminat dengan jurusan pilihannya dan punya pilihan sendiri yang kamu minati, maka bicarakan baik-baik dengan orang tua kamu ya.

Jangan Ikut-Ikutan Teman

Masih banyak pelajar yang memilih suatu jurusan tertentu hanya karena teman dekatnya, dengan alasan solidaritas dalam persahabatan. Sahabat setia bukan berarti kamu harus sama dalam memilih jurusan, kalau bakat dan minat kamu sama tentu bukan menjadi masalah. Pertemanan bukan berarti kamu harus selalu bareng sama dia.

Ikuti kata hati kamu! Jangan sampai kamu terjebak dalam jurusan yang tanpa kamu sadari sebenarnya kamu kurang nyaman belajar di sana. Kalau kamu pilih jurusan cuma karna ikut-ikutan, itu berarti kamu belum punya rencana yang matang buat masa depan kamu

Jangan Terpengaruh Mindset Negatif Tentang Suatu Jurusan

Banyak orang yang beranggapan bahwa anak Teknik itu identik dengan anak nakal. Sedangkan anak Non Teknik mayoritas anak yang rajin. Jangan sampai kamu menanamkan mindset negatif ini pada pikiran kamu, sehingga mempengaruhi emosi kamu dalam memilih jurusan dan akhirnya tidak sesuai dengan bakat kalian.

Tidak semuanya anggapan seperti itu benar, karena banyak juga anak Teknik yang rajin dan pintar dan justru sebaliknya anak Non Teknik ada juga yang malas, meskipun sebagaian besar anak Teknik tergolong rajin dan identik dengan anak pintar.

Cek seleksi persyaratan khusus

Di beberapa SMK terdapat seleksi persyaratan khusus untuk menunjang jurusan yang akan dipilih calon peserta didik. Misal syarat khusus tes buta warna, tinggi badan, ataupun bakat lainnya. Sebelum mendaftarkan diri di SMK yang diinginkan, pastikan kita mampu lulus dalam seleksi persyaratan khusus tersebut. Hal ini perlu diperhatikan karena tes atau persyaratan khusus menjadi salah satu penilaian bagi para calon peserta didik masuk SMK.

Pilih dekat rumah

Meski jenjang SMK tidak mensyaratkan sistem zonasi, pilihlah SMK yang memiliki jarak dekat dengan rumah. Selain menghemat uang transportasi, calon peserta didik juga lebih mudah untuk menjangkau sekolah sehingga tidak bermasalah dengan waktu di jalan dan dapat fokus dalam belajar.

 

Ada Beberapa Jurusan yang bisa kalian pilih di SMK Negeri 1 Bangil

  • Teknik Elektronika Industri

Selengkapnya Baca di https://smkn1bangil.sch.id/teknik-elektronika-industri/

  • Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/teknik-instalasi-dan-pemanfaatan-tenaga-listrik/

  • Teknik Komputer dan Jaringan

TKJ merupakan jurusan yang mempelajari tentang teknik komputer seperti perakitan komputer serta jaringannya. ketika memilih jurusan ini nanti kita akan belajar bagaimana caranya mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti switch, router, dll.

Kita harus bisa menghubungkan beberapa komputer dengan peralatan-peralatan jaringan, mengoptimalkan jaringan agar dapat berjalan lancar dan harus menjamin keamanan data pada jaringan

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/teknik-komputer-dan-jaringan/

  • Tata Busana

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/tata-busana/

  • Multimedia

Selengkapnya baca di  https://smkn1bangil.sch.id/multimedia/

  • Produksi dan Siaran Program Televisi

Jika anda ingin menjadi Sound director, Lighting director, Art director, Director of photography, Audioman, Cameraman, Radio script, Television script, Editor audio video, Tv/radio production dan Presenter & Reporter, anda harus memilih jurusan ini karena komptensi yang diajarkan mengarah pada prosesi tersebut.

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/produksi-dan-siaran-program-televisi/

  • Rekayasa Perangkat Lunak

RPL adalah kompetensi keahlian yang berkaitan dengan komputer atau dengan mengetahui namanya saja kita pasti tahu kalau RPL itu adalah jurusan yang berhubungan dengan komputer tetapi kompetensi keahlian ini lebih mengolah ke bagian Rekayasa perangkat lunak. Kompetensi keahlian RPL ini merupakan kompetensi yang sangat diminati oleh kalangan anak muda yang ingin membangun usaha (startup) dibidang Teknologi dan Aplikasi, karena di era globalisasi ini, kita tidak lepas dengan aplikasi online dan sejenisnya. Jurusan RPL di tingkat SMK mempelajari materi-materi seperti Design WEB, Bahasa Pemograman, DataBase dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa kita dapat dengan memasuki jurusan tersebut.

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/rekayasa-perangkat-lunak/

  • Ototronika

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/ototronika/

  • Mekatronika

Selengkapnya baca di https://smkn1bangil.sch.id/mekatronika/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *