BEST MEMORIAL diraih SMKN 1 Bangil dalam ACDC 2013

Bangil – Tim SMKN 1 Bangil A asal SMK Negeri 1 Bangil berhasil menjadi juara kategori BEST MEMORIAL dalam Alsa Courtlike Debate Championship 2013 (ACDC) yang diselenggarakan Asian Law Students’ Association (ALSA) Local Chapter Universitas Airlangga, Jumat (15/2).

Tim debat berbahasa Inggris tersebut menjadi juara setelah dewan juri menentukan bahwa materi debat dari SMKN 1 Bangil adalah materi terbaik dari seluruh peserta debat yang terdiri dari 24 tim.

ACDC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris tingkat nasional yang baru pertama kali digelar di Surabaya. Kompetisi tersebut diikuti peserta yang terdiri atas siswa SLTA (SMA, MA dan SMK).

Ketua Panitia ACDC, Nurrahma Restia, menjelaskan ACDC digelar karena dilatarbelakangi kurangnya kompetisi debat yang dilaksanakan di Surabaya. Sehingga untuk memunculkan atmosfir debat yang sesungguhnya digelar kompetisi itu. “ACDC juga menghadirkan pendebat yang sudah berpengalaman, sehingga bisa sekaligus sharing ilmu,” jelasnya.

format yang digunakan dalam lomba tersebut adalah Asian Parliamentary Debate. Sedangkan peserta hanya dibatasi 24 tim yang masing terdiri atas tiga debater dan satu juri atau adjudicator (N-1). Sehingga lomba itu tidak hanya menilai yang berdebat, melainkan dijadikan juga sebagai ajang akreditasi untuk calon adjudicator (N-1). (Abd. Kholiq)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *